Rabu, 28 Mei 2014

TARI BESKALAN (TARI SELAMAT DATANG)

Budaya Lokal malang ternyata tidak hanya dengan tari topeng saja, tetapi ada tari yang dimiliki oleh kota Malang yakni tari Beskalan.
Tari yang biasa disebut tari "selamat datang" ini sering dimainkan untuk para tamu tamu penting yang datang ke kota Malang. 
Pada Jaman dahulu kala tari ini biasanya dimainkan untuk ritual persembahan terima kasih kepada tuhan atas kesuburan tanah yang diberikan ketika bercocok tanamnya berhasil, namun pada saat ini tari beskalan lebih sering digunakan untuk tarian " selamat datang ".
Tarian ini biasanya menjadi tarian pembuka pertunjukan seperti ludruk. Maka tak heran apabila tarian ini juga dipersembahkan untuk para tamu penting yang datang ke kota Malang. Tarian beskalan sendiri berasal dari akar kata Bit-Kal. Bit berasa dari kata bibit atau bakal dan kal berasal dari kata cikal yang artinya awal. Dari kata-kata tersebut kata beskalan berarti awal atau permulaan. Pengertian ini mempunyai kaitan dengan kelapa (cikal). Itu berarti ada hubungan erat antara sebutan gending kalapa Ndek (kelapa pendek) yang kemudian dikenal dengan gending beskalan.
Tarian ini terdiri dari 2 orang laki-laki yang memakai topeng berwarna merah dan satu lagi berwarna putih lalu diiringi dengan gending beskalan. Namun dengan semakin modernya jaman maka sekarang sudah diiringi dengan gamelan jawa tengah lengkap dengan laras sledro.
Inilah salah satu budaya lokal yang ada di kota Malang selain tari topeng. (Dgl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar