Jumat, 06 Juni 2014

BATIK KOTA MALANG

      Batik merupakan karya budaya asli Bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh dunia maka dari itu menjadi tidak asing lagi kalau mendengar kata Batik. Batik ini berbaha macam motif ada batik mega mendung ada batik madura ada batik banten dan lain-lain. Tetapi pernahkah dari anda sekalian yang mengetahui tentang batik kota Malang. Pasti asing terdengar tentang batik kota Malang namun ini benar adanya karena kota Malang sendiri memiliki Batik yang khas dari daerah tersebut.
 Seperti yang dibawah ini, Batik malang memiliki mempunyai keterkaitan emosi karakter, sejarah, dan kepercayaan sehingga memiliki khas yang berbeda dengan daerah lainnya.
Batik tersebut memiliki motif sido mukti malang dengan hiasan kotak putih ditengah yang biasa disebut Modhang Koro.
Inisiatif penggalian motif batik telah dipelopori oleh Ketua penggerak PKK dengan SK no: 114/POKJA III/PKK.KM/VII/2007 yang menunjuk 3 tim ahli untuk menyerap aspirasi masyarakat lewat lomba desain batik (5 besar) sekaligus melakukan penggalian sejarah dan budaya setempat, sehingga diharapkan di kota Malang akan mempunyai Batik khas kota Malang yang mampu menyuarakan wajah kota Malang secara utuh di masa mendatang. Pkk bahkan sedang menyiapkan kampung Batik di beberapa kelurahan. Salah satu produsen Batik di kota Malang yang telah memasarkan produknya ke seluruh Negara adalah Antique House of Batik & Kebaya di Jl. Pekalongan No. 8
Jadi jika anda tertarik dengan batik kota Malang monggo nih silahkan hadir di jalan pekalongan no 8 dan beli batiknya. (Dgl)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar