Senin, 16 Juni 2014

PESONA HUTAN DI TENGAH KOTA MALANG


                Seperti yang kita tahu kota Malang adalah satu kota yang saat ini sedang berkembang di bidang ekonomi-nya. Hal itu membuat banyak sekali pekerja yang menggunakan kendaraan pribadi-nya untuk berangkat bekerja, hal ini menyebabkan polusi di kota Malang semakin meningkat. Apalagi sekarang ini pepohonan di kota Malang semakin menipis, yang membuat kota ini semakin panas saat di siang hari.
                Selepas dari itu, Pemkot kota Malang telah mengantisipasi hal tersebut. Di daerah jalan Malabar Pemkot kota Malang telah menyisihkan lahan yang digunakan sebagai Hutan Kota. Luas hutan yang berada di tengah kota Malang ini sekitar 16.718 m2*, yang membuat menarik adalah di dalam hutan Malabar itu sendiri terdapat kolam yang konon-nya menjadi sumber mata air untuk pepohonan itu sendiri.

       Hutan kota yang dibangun di areal pemukiman bertujuan utama untuk mengelola lingkungan pemukiman, hutan-nya pun harus bertipe hutan pemukiman seperti hutan Malabar. Yang lebih dititik beratkan pada keindahan, penyejukan, dan penyediaan habitat satwa dan tempat bermain atau wisata.
       Seperti yang kita lihat begitu masuk ke dalam Hutan Kota Malabar ini, mulai terasa hawa yang sejuk dan terdengar kicauan burung. Hutan Kota Malabar ini sudah mulai lebat pohonnya, sehingga berada di dekatnya pun akan terasa hawa yang segar.
Hutan Malabar yang berada di tengah kota ini merupakan paru-paru baru bagi kota Malang, Hutan Kota Malabar ini sebenarnya dapat juga dijadikan sebagai alternatif tempat rekreasi yang murah. Seharusnya, pihak pemerintah daerah Malang lebih memperhatikan keserasian, kenyamanan, dan keindahan Hutan Kota ini.



Sumber Foto : www.blog.ub.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar